- kategori Berita 2105 Views

Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Tulungagung, hari ini Selasa (8 Pebruari 2022), Bappeda Kabupaten Lumajang melalui Bidang Litbang mengadakan kegiatan studi tiru pelaksanaan kompetisi Kreatifitas dan Inovasi (Kasanova). Rombongan dipimpin oleh Bapak Sekretaris Bappeda (Bapak Alfian, S.Sos), dan diikuti oleh Bapak Kepala Bidang Litbang (VENDY PRAYASDIKA W., ST. MT.), tenaga fungsional peneliti (AL IMRON, S.Sos.) dan staf litbang. Kunjungan ini diterima oleh Kasubid Litbang Bappeda Tulungagung (dikarenakan Bapak Pimpinan sedang melaksanakan kegiatan Musrenbang Kecamatan), yang didampingi oleh fungsional analis kebijakan, fungsional perencana dan staf Subid Litbang.

Dalam sambutannya, Bapak Alfian, S.Sos mengatakan bahwa tujaun dari studi tiru ini adalah untuk mengetahui pelaksaan kompetisi Kasanova yang telah dilaksanakan oleh Bappeda Tulungagung, dengan harapan dari hasil studi tiru ini dapat diimplementasikan di Kabupaten Lumajang. Disamping pelaksanaan kompetisi Kasanova, dalam kesempatan ini juga dibicarakan mengenai pelaksanaan kegiatan kelitbangan yang dilaksanakan oleh kedua pihak, sehingga diharapkan dapat saling tukar informasi dalam upaya untuk meningkatkan kinerja kelitbangan daerah.

Kasubid Litbang Bappeda Tulungagung, Andri Syambudi, S.Sos, M.Si menjelaskan bahwa kompetisi Kasanova dilaksanakan pertama kali pada tahun 2019, kemudian dilaksanakan kembali di tahun 2021. Kegiatan 2 tahunan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat dan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang telah secara nyata melakukan inovasi dan hasil inovasinya memberikan manfaat bagi masyarakat. Untuk tema kompetisi Kasanova tahun 2021 “Kreatif dan Inovatif Dikala Pandemi”, yang diikuti sebanyak 87 proposal inovasi.

Terkait dengan pelaksaan kegiatan kelitbangan, disampaikan bahwa hasil kajian yang dilaksanakan oleh Bappeda Tulungagung, telah dimasukkan didalam web Bappeda melalui portal e – library “Gayatri”. Sebagian besar hasil kajian telah ditindaklanjuti, baik dalam pengambilan kebijakan maupun perencanaan teknis dan ekseskusi dilapangan. “Kami selalu melaporkan hasil pelaksanaan kajian kepada Bapak Bupati Tulungagung, sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan”, kata Kasubid Litbang.  (Litbang PP-Bappeda Tulungagung)

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.