- kategori Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan 17 Views

Bertempat di Hotel Harris Cibinong, Bogor, Selasa, 15 Oktober 2024, Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan kegiatan Diskusi Kelompok Terumpun Verifikasi Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial Bhumandala Award Tahun 2024. Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) terpilih menjadi salah satu dari 10 peserta terbaik nasional hasil penilaian tahap I kegiatan Bhumandala Award Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial Tahun 2024.

Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Tri Hariadi, M.Si, didampingi oleh Bappeda (Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan) dan Dinas Kominfo Kabupaten Tulungagung memaparkan perkembangan kinerja simpul jaringan informasi geospasial di Kabupaten Tulungagung yang dipengaruhi oleh 5 pilar, yaitu kebijakan, kelembagaan, teknologi, standar data dan Sumber Daya Manusia. Saat ini Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah mengembangkan WEB GIS yang diberi nama Setunggal yang dapat di www.setunggal.tulungagung.go.id.
Setunggal merupakan aplikasi berbasis peta yang menyediakan informasi pembangunan berbasis spasial dari Perangkat Daerah di Kabupaten Tulungagung. Di Tahun 2022, Kabupaten Tulungagung telah meraih penghargaan Bhumandala Ariti untuk kinerja simpul jaringan. Tahun 2023, Kabupaten Tulungagung meraih penghargaan Bhumandala Kanaka untuk kategori Kabupaten dengan inovasi aplikasi Kilao Hati pada Dinas Kesehatan  Kabupaten Tulungagung.

Penghargaan Bhumandala ini sudah berlangsung selama 1 dekade (sejak tahun 2014), dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah yang telah berhasil menyelenggararakan dan menerapkan Informasi Geospasial dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan. Pada tahun 2024 ini Penghargaan Bhumandala terdiri dari 4 tama utama, yaitu : 1). Penghargaan Bhumandala Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial. Penghargaan ini diberikan kepada seluruh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah yang telah berhasil membangun dan mengembangkan 5 elemen infrastruktur Informasi Geospasial; 2). Penghargaan Bhumandala Nama Rupabumi, penghargaan yang diberikan kepada organisasi dan individu; 3).Penghargaan Bhumandala Informasi Geospasial Batas Desa/ Kelurahan; dan 4). Penghargaan Bhumandala Penyelenggara Informasi Geospasial Tematik. Pemberian penghargaan Bhumandala oleh Badan Informasi Geospasial direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Nopember 2024. (Humas Bappeda Tulungagung)

Bagikan:

Kirim Komentar

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.