- kategori Berita 1935 Views

Bappeda Kabupaten Tulungagung gelar “Sosialisasi Hasil Penelitian Tahun 2022 tentang Kajian Strategi Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) Di Kabupaten Tulungagung dan Kajian Rencana Penataan Kawasan Eks. Sungai Ngrowo. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Tulungagung, pada hari Jumat, tanggal 16 Desember 2022, pukul 07.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah, Puskesmas, BLUD dan BUMD di Kabupaten Tulungagung.

Acara dibuka oleh Kabid.Litbang PP, Bappeda Kabupaten Tulungagung, Bapak Ridwan, SS, M.Si. Penggunaan riset dalam perumusan kebijakan (policy based on research) dewasa ini menjadi tuntutan dan dinilai sangat penting. Hasil riset dibutuhkan untuk menghimpun validitas data yang tepat dan akurat dalam mengelola potensi sumber daya yang ada. Riset juga menjadi salah satu dasar bukti kebijakan yang mampu mengilmiahkan proses perumusan kebijakan. Perumusan kebijakan yang dilakukan tanpa dasar atau bukti, dibuat dengan mengandalkan pengalaman, opini publik, ataupun kepentingan tanpa adanya bukti riset yang jelas dapat menyebabkan kegagalan kebijakan.

“Pada tahun 2022 ini, Bappeda Kabupaten Tulungagung melalui Bidang Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Pembangunan telah melaksanakan 2 (dua) kajian yaitu : Kajian Rencana Penataan Kawasan Eks Sungai Ngrowo dan Kajian Strategi Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Tulungagung, yang pelaksanaannya kita kerjasamakan dengan BKMP Universitas Airlangga Surabaya, serta Kajian Rencana Penataan Kawasan Eks. Sungai Ngrowo yang pelaksanaan kajiannya kita kerjasamakan dengan CV. UNICON Tulungagung”, jelas Kabid. Litbang PP. Sebagai narasumber adalah Dr. RATNA DWI WULANDARI, S.K.M., M.Kes, dari BKMP Universitas Airlangga Surabaya dan Tim dari CV. UNICON TULUNGAGUNG .

Acara ditutup dengan penyerahan buku hasil Kajian Strategi Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) Di Kabupaten Tulungagung kepada Dinas Kesehatan dan penyerahan buku hasil Kajian Rencana Penataan Kawasan Eks. Sungai Ngrowo kepada Dinas Lingkungan Hidup. Diharapkan hasil kajian yang telah dilaksanakan, dapat ditindaklanjuti sebagaimana beberapa hasil kajian yang telah di eksekusi dilapangan (Kajian Pantai Di wilayah Besuki (Pantai Midodaren), Studi Kelayakan Pembangunan TPA di Wilayah Selatan Tulungagung, Kajian Geopark, Kajian Pengembangan Air Minum di Wilayah Selatan Tulungagung, Kajian Pengembangan Pansela (JLS), Penelitian Gua Arkeologis Tenggar, Kajian Dampak Covid-19, dan beberapa kajian lainnya.

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.