- kategori Berita 1698 Views

Jakarta, tanggal 7 s.d. 8 Pebruari 2023 bertempat di Auditorium Lt.3, Gedung B.J. Habibie, BRIN Jl. M.H. Thamrin No.8, Jakarta Pusat, Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) Deputi Bidang Riset Dan Inovasi Daerah gelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) BRIDA dengan Tema "Pembinaan Teknis untuk penguatan Ekosistem Riset dan Inovasi Daerah Untuk Pembangunan Berkelanjutan".

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pembinaan teknis kepada Pemerintah daerah melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA). Kegiatan ini, merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021, sebagai pembinaan teknis kepada seluruh Pemerintah Daerah Provinsi dan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota baik yang sudah membentuk BRIDA, maupun yang sudah mengajukan Surat Pertimbangan pembentukan BRIDA.

Dalam kesempatan ini, BRIN juga akan merilis Indeks Daya Saing Daerah (IDSD). Pengukuran IDSD Tahun 2022 tidak lagi menggunakan data self-assessment pemerintah daerah. IDSD menggunakan data sekunder yang bersumber dari Kementerian/Lembaga (K/L) sebagai produsen data indikator daya saing. Penyusunan IDSD merupakan upaya untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana kondisi daya saing suatu daerah ditinjau dari komponen lingkungan pendukung, SDM, pasar, dan ekosistem inovasi.

Pada penyelenggaraan RAKORTEK BRIDA ini, BRIN menyampaikan informasi hasil pengukuran IDSD Tahun 2022 kepada pemerintah daerah, mencakup 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia. Dan nilai IDSD Kabupaten Tulungagung tahun 2022, sebesar 3,18. Hasil pengukuran IDSD Tahun 2022, diharapkan dapat digunakan sebagai referensi bagi pemetaan potensi, dan problem yang perlu diselesaikan dengan pendekatan evidence-based policy oleh Pemda atau BRIDA.

Rakortek BRIDA 2023 menjadi Langkah awal bagi proses komunikasi dan pembinaan teknis BRIN. Proses pendampingan teknis, akan dilaksanakan mulai dari bulan Februari – Desember 2023, meliputi pendampingan konsultasi teknis, fasilitasi skema yang ada. Pelaksanaan kajian Bersama untuk kepentingan Pemda dan juga pendampingan penguatan tusi BRIDA.

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.