- kategori Berita 1607 Views

Bappeda Kabupaten Tulungagung bersama Perangkat Daerah terkait, Tim Ahli dari UPN Veteran Yogyakarta serta ketua Pokdariwis kawasan calon geoheritage Geopark Tulungagung  beberapa waktu yang lalu telah berhasil menyelesaikan laporan akhir naskah akademik (dosier) usulan Geoaprk Kabupaten Tulungagung. Selanjutnya dalam rangka pemberian informasi kepada masyarakat, Bappeda melalui Bidang Litbang PP mulai mengirimkan papan informasi ke spot rencana lokasi geoheritage dimaksud. Hal ini juga dimaksudkan sebagai upaya persiapan persiapan lapangan rencana penilaian geoheritage dan geopark yang akan dilakukan oleh Kementerian dan lembaga terkait yang tergabung dalam tim penilai geopark nasional.

 

Mas Arie selaku pengurus Pokdarwis site wajakensis “Wajakensis Jati Purbo”, sangat mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk berupaya menerapkan kawasan ini menjadi kawasan Geopark, sehingga diharapkan nantinya pelestarian dan konservasi serta perlindungan situs yang menjadi tempat ditemukannya fosil Homo Wajakensis dapat terlaksana dengan baik, serta mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Hal senada juga disampaikan oleh Mas Karsi “Telaga Buret” , Mas Arif “Goa Tenggar”, Pak Agus “Gunung Budeg”, serta semua penggiat wisata khususnya yang menjadi lokus rencana penetapan Geoheritage Tulungagung. “Kami sangat mendukung apa yang direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dan siap mensukseskan tulungagung menjadi Geopark Nasional,” Kata Mas Karsi.

 

Selain dalam bentuk x benner atau papan informasi, direncanakan Bappeda juga akan membuat liflet atau booklet serta media informasi dalam bentuk video mengenai Geopark Tulungagung yang mengambil tag line “Geo Marmer Tulungagung” ini. “Semoga tim penilai segera melakukan penilaian lapangan, dimana surat permohonannya sudah kami kirimkan ke Pusat Survey Geologi Badan Geologi Bandung bulan lalu, mohon doa restunya”, kata Pak Ridwan, S.S, M.Si selaku Kabid Litbang PP Bappeda. Selanjutnya dalam mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Geopark Tulungagung ini, juga akan dibentuk Tim Koordinasi Pengelolaan Geopark Tulungagung yang beranggotakan Perangkat Daerah terkait. (Kasubid Litbang, Bappeda Tulungagung)

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.