- kategori Berita 586 Views

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 menyatakan bahwa “Pemerintah pusat memberikan penilaian terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah” dan pemerintah pusat memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan inovasi’. Dalam rangka menindaklanjuti hal tersebut, Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri diberikan amanat untuk melaksanakan Penilaian Inovasi Daerah yang ditetapkan sebagai salah satu Program Prioritas Kementerian Dalam Negeri Tahun 2022.

Tujuan Penilaian dan Pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif (Innovative Govermment Award) adalah : 1) Memotivasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat sesuai dengan kategori sangat inovatif, inovatif serta memotivasi pemerintah daerah kurang inovatif dan tidak dapat dinilai; 2) Mendorong penerapan good governance; 3) Meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah; 4) Memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemeritahan daerah secara transparan dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.

Dalam rangka menindaklanjuti Penilaian Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA), Bappeda Kabupaten Tulungagung melalui bidang Litbang PP melakukan monitoring dan evaluasi terkait inovasi ke Perangkat Daerah dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Tulungagung (MONEVIN PeDe) selama bulan Agustus 2022. Diharapkan kegiatan ini mampu memotivasi Perangkat Daerah untuk selalu berinovasi. Sebagai informasi, Kabupaten Tulungagung pada Tahun 2019 masuk kategori “Inovatif” dan tahun 2020 masuk kategori daerah “Sangat Inovatif”. Mari bersinergi bersama untuk Kabupaten Tulungagung. Harapannya ditahun mendatang lebih baik lagi dan inovasi dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tulungagung. SALAM SEMANGAT INOVASI UNTUK KEJAYAAN NEGERI!

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.