- kategori Berita 1029 Views

Bertempat di Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dan sekaligus merupakan Sekretariat Gunung Sewu Unesco Global Geopark, hari ini (Jumat, 20 Januari 2021), Bappeda Kabupaten Tulungagung mengadakan studi tiru terkait dengan manajemen pengelolaan Geopark. Gunung Sewu UGG merupakan salah satu Geopark Internasional yang telah sukses mengelola potensi geopark yang dimilikinya. Terletak di 3 Provinsi (DIY, Jawa Tengan dan Jawa Timur), 3 Kabupaten (Gunung Kidul, Wonogiri dan Pacitan), tentunya dibutuhkan manajemen handal dalam pengelolaanya.

Pada kesempatan ini rombongan Bappeda Kabupaten Tulungagung diterima langsung oleh General Manager Gunung Sewu UGG (Bapak Budi Martono), pejabat Dinas Pariwisata serta Perangkat Daerah terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Banyak hal yang disampaikan oleh Pak Budi Martono dan Pak Hery terkait dengan manajemen pengelolaan Geopark. Saat ini telah ada regulasi baru terkait dengan pengelolaan Geopark baik berupa Peraturan Presiden maupun regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian terkait (Kementerian ESDM, Kementerian PPN/ Bappenas maupun Kementerian Pariwisata). Geopark merupakan manajemen pengelolaan kawasan yang didalamnya mengampu 16 SDGs yang menerapkan pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan bumi dan masyarakat.  “Intinya dalam pengelolaan Geopark itu memerlukan komitmen bersama, baik jajaran eksekutif, legeslatif, instansi vertical terkait dan masyarakat yang menjadi ujung tombak pengelolaan geopark”, kata Pak Budi.

Kegiatan studi tiru ini merupakan salah satu persiapan awal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk mewujudkan Geopark Tulungagung menjadi Geopark Nasional. Terkait dengan perkembangan rencana mewujudkan Geopark Tulungagung, saat ini Pemerintah Kabupaten Tulungagung menunggu hasil penetapan Geoheritage Tulungagung dari Kementerian ESDM, yang selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam mendaftarkan Geopark Tulungagung menjadi Geopark Nasional. Saat ini kurang lebih ada 80 aspiring Geopark Nasional yang berjuang untuk ditetapkan menjadi Geopark Nasional, dan salah satunya adalah Geopark Tulungagung. (Litbang-Bappeda Tulungagung)

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.