- kategori Berita 1205 Views

Pada hari rabu, tanggal 20 januari 2020, bertempat diruang rapat Bappeda, Bappeda Bidang Litbang dan PP mengadakan rapat koordinasi Kelitbangan dan Inovasi Daerah. Rapat yang dipimpin oleh Kasubbid. Penelitian dan Pengembangan, Bapak Andri Syambudi, M.Si ini bertujuan untuk 1) penjaringan tema/judul penelitian untuk diusulkan di tahun 2022, 2) penjaringan tema/judul inovasi Bappeda dari usulan per bidang, 3) saran masukan bidang terkait tindak lanjut penelitian yang telah dilakukan dan 4) persiapan pemenuhan data inovasi (IGA, PPD dan IDSD) Tahun 2021. Perlu diketahui, pada tahun 2020, Kabupaten Tulungagung memperoleh Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif dalam Innovation Government Award (IGA) dan Terbaik III Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Sektor Pasar Modern Mall.

Sebagaimana Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2017 tentang Binwas Pemerintahan Daerah, bahwa Penelitian dan Pengembangan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kebijakan dasar perumusan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Beberapa kajian yang telah dilakukan Bappeda dan telah dijadikan landasan dalam pengambilan kebijakan adalah 1) Kajian Potensi Geopark Kawasan Selatan, 2) Studi Kelayakan Pembangunan Kantor Pelayanan Terpadu, 3) Studi Kelayakan Pembangunan TPA Sampah di Wilayah Selatan Kab. Tulungagung, 4) Kajian Rencana Pembangunan Pesanggrahan Argowilis Kabupaten Tulungagung, 5) Kajian Rencana Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Tulungagung, 6) Kajian Pemetaan Wilayah Pengembangan Klaster Dalam Rangka Mendukung Penguatan SIDa Kabupaten Tulungagung, 7) Kajian Penyusunan Dokumen Naskah Akademik Usulan Geopark Kabupaten Tulungagung, 8) Kajian Rencana Pengembangan Kawasan Wisata Pantai di Wilayah Desa Besuki dan 9) Studi Kelayakan Rencana Pelayanan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (IKK) Besuki dan sekitarnya.

Semoga Bappeda Kabupaten Tulungagung mampu menyediakan informasi Inovasi Daerah untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, peningkatan pelayanan publik dan peningkatan potensi sumber daya daerah. Sehingga mampu memberikan kebermanfaatan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya. (Litbang Bappeda 2021)

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.