- kategori Berita 801 Views

Bertempat di Hotel Victoria Tulungagung, 24 Desember 2021 Bappeda Kabupaten Tulungagung mengadakan acara penganugerahan Kompetisi Kreativitas dan Inovasi (Kasanova) Ke-2 Tahun 2021. Acara dihadari oleh Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Tulungagung, Bapak Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Bapak Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Tulungagung, kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Tulungagung dan tentunya nominator juara kompetisi Kasanova.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Bappeda Drs. Maryani, MM, mengatakan bahwa pelaksanaan kompetisi Kasanova bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah dan  masyarakat Tulungagung, secara individu maupun kelompok yang telah berhasil sebagai penemu atau pengembang dan karyanya secara nyata sudah teruji dan terbukti kemanfaatannya.

Kompetisi KASANOVA 2021 mengambil tema “Kreatif dan Inovatif di Kala Pandemi”, dan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 816 Tahun 2021.

Manfaat yang ingin dicapai dari pelaksanaan Kompetisi KASANOVA antara lain:

  1. Terciptanya kesadaran masyarakat Tulungagung untuk berinovasi dan berkreasi di segala bidang
  2. Terciptanya peningkatan produktifitas masyarakat dalam bidang inovasi
  3. Mendorong kepedulian pemerintah daerah, Lembaga penelitian, Lembaga Pendidikan, dan dunia usaha terhadap IPTEK khususnya teknologi tepat guna (TTG)
  4. Terciptanya produk – produk yang memiliki nilai jual dan berdaya saing
  5. Terciptanya pertumbuhan inovasi di kalangan perangkat daerah dan instansi lain di lingkup pemerintah Kabupaten Tulungagung

Peserta kompetisi KASANOVA 2021 terbagi dalam 2 kelompok: (1) Masyarakat Tulungagung, (2) Perangkat Daerah Kabupaten Tulungagung, dengan total proposal inovasi yang masuk ke panita sebanyak 87 proposal dengan rincian, 53 proposal dari Perangkat Daerah (termasuk 32 Puskesmas) dan 34 proposal dari Masyarakat. Hal ini terjadi peningkatan jumlah inovasi jika dibandingkan dengan Kompetisi Kasanova Pertama, dimana jumlah proposal inovasi yang masuk sebanyak 23 inovasi, dengan rincian 12 inovasi Perangkat Daerah dan 11 inovasi dari Masyarakat.

 

Tahapan pelaksanaan Lomba Kasanova antara lain sebagai berikut :

No.

KEGIATAN

WAKTU PELAKSANAAN

1.

Sosialisasi pelaksanaan kegiatan

Agustus – September 2021

2.

Pengumpulan proposal inovasi

Agustus – Oktober 2021

3.

Penilaian/ seleksi proposal, paparan, dan penilaian lapangan

Nopember 2021

4.

Penetapan dan penganugerahan pemenang lomba

Nopember 2021

 

Kemudian dari proposal yang masuk dilakukan penilaian proposal oleh dewan juri sebanyak 7 orang yang terdiri dari para akademisi dari UIN SATU Tulungagung, Universitas Tulungagung dan Universitas Bhineka PGRI Tulungagung serta berasal dari Perangkat Daerah teknis yang membidangi inovasi.

Selanjutnya, dari proposal yang masuk, diambil 10 proposal terbaik dari Kategori Perangkat Daerah dan 10  terbaik dari Kategori Masyarakat. Kemudian diambil 6 terbaik untuk mendapatkan juara 1 sampai dengan harapan 3 untuk masing – masing kategori. Setiap pemenang berhak mendapatkan piagam dan trofi dari Bapak Bupati Tulungagung serta uang pembinaan untuk kategori Masyarakat, sedangkan untuk kategori Perangkat Daerah akan mendapatkan anggaran untuk mendukung kegiatan inovasi di tahun 2022, yang disesuaikan dengan ketentuan dan mekanisme yang ada dan peraturan perundangan yang ada.

Untuk pemenang berhak mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Bapak Bupati Tulungagung.

Adapun pemenang Kompetisi Kasanova Ke-2 Tahun 2021 adalah sebagai berikut :

Kategori Perangkat Daerah :

Juara 1 Inovasi HOTMA PARIS (HT Line Komunikasi, Informasi dan Pendidikan Kesehatan Di Ruang Isolasi Covid-19) dengan Inovator Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Iskak Tulungagung; Juara 2 Inovasi PANDU CAKTI (Pelayanan Administrasi Kependudukan Cepat Akurat Terintegrasi) dengan Inovator Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung; Juara 3 Inovasi SI Elsa Centil (Vaksinasi Keliling Desa Untuk Mencegah dan Mengantisipasi Lonjakan Covid - 19) dengan Inovator Kepala Puskesmas Kalidawir Kabupaten Tulungagung; Juara Harapan 1 Inovasi SARISASIK (Satu Hari Satu Informasi Kesehatan) dengan Inovator Kepala Puskesmas Pakel Kabupaten Tulungagung; Juara Harapan 2 Inovasi FIVE TRANSFORM INNOVATION (Inovasi Lima Perubahan Pelayanan Publik Disperkim) dengan Inovator Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tulungagung; Juara Harapan 3 Inovasi Aplikasi Pemasaran Online LAPAKUMKM dengan Inovator Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro.

Kategori Masyarakat :

Juara 1 Inovasi Pemanfaatan Limbah Buah Belimbing Sebagai Pupuk Organik Cair (POC) dengan Inovator Udin dari Kelompok Tani Belimbing Artha Mandiri Desa Bono Kec. Boyolangu; Juara 2 Inovasi Start Engine Menggunakan Wemos D1 R1 MINI Berbasis Internet dengan Inovator Helloys Ageng Haqiqie dan Maheswara Puwa Hadi Gautama, dari Posyantek Kedung Tekhno Jaya; Juara 3 Inovasi Kasir Pintar Eloza Pos dengan Inovator Budi Santoso dan M. Anton Arizal; Juara Harapan 1 Inovasi Ecoprint Berbasis Bahan Lokal dengan Inovator Elis Zulva Mastuti dari El Hijaaz Boutiqe dan Craft; Juara Harapan 2 Inovasi SMART UV-C ROOM STERILIZER dengan Inovator Akwan, Diyarruddin dan Kusuma Nur Aziz dari SMKN 3 Boyolangu; Juara Harapan 3 Inovasi Inovasi Vacuum Evaporator Pada Pengolahan Jeruk Nipis (Citrus Aurantiifoliao) Menjadi Serbuk Minuman Instan dengan Inovator Shela Marethalia, Lilalita Dian Ayu F., Dika Dwi Febrian, Virda Lilga Rensanni, dan Lestari Konsa N. daei SMK Negeri 1 Tulungagung. (Litbang Bappeda)

Bagikan:

Copyright © dibuat dengan penuh Bappeda Kabupaten Tulungagung.