Post

Narasumber HKI dalam Kegiatan Youth Enterpreneurship and Employment Support Services Programme YESS 22 September 2022 - 6 Oktober 2022

26 September 2022

Narasumber HKI dalam Kegiatan Youth Enterpreneurship and Employment Support Services Programme YESS 22 September 2022 - 6 Oktober 2022

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) melalui Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Perencanaan Pembangunan (Litbang dan PP) menugaskan tiga orang fungsional (2 orang peneliti dan 1 orang perencana) sebagai menjadi Narasumber materi tentang perijinan sertifikasi merk Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung dalam rangka pelaksanaan kegiatan Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Programme (YESS) pada tahun 2022 dengan tema pelatihan lanjutan pertanian, packaging, dan perijinan. Pelaksanaan kegiatan YESS ini dilakukan pada tanggal 22 September – 06 Oktober 2022 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Narasumber dari Bidang Litbang dan PP yang membidangi tentang Perijinan Sertifikasi Merk Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yaitu Ahmad Ibnu Riza, M.T. (Peneliti), Aditya Damargita, M.T. (Perencana) dan Annisa Nurul Hakim, M.T. (Peneliti). Ketiga pemateri akan menyampaikan materinya dibeberapa lokasi yang sudah dijadwalkan antara lain di BPP Rejotangan, BPP Bandung, dan BPP Kedungwaru. Bappeda Sejak tahun kemarin telah melaksanakan kegiatan fasilitasi HKI dengan membentuk dan mereplikasi E-Nikibang yang merupakan Kerjasama Penggunaan Aplikasi dengan Balitbang Jawa Timur. Pembentukan klinik HKI bertujuan untuk tempat konsultasi dan koordinasi dalam kepengurusan HKI, membantu memfasilitasi HKI dan Media Publikasi HKI kepada masyarakat Kabupaten Tulungagung.

Berdasarkan undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, holo gram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. Merek terdaftar mendapatkan perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan permohonan pendaftaran Merek yang bersangkutan dan jangka waktu perlindungan itu dapat diperpanjang. Materi HKI tentang merek sangat berguna bagi pengusaha pemula yang ingin mantap berbisnis. Merek usaha menjadi salah satu faktor utama dalam berkembangnya suatu usaha. Program YESS ini sangat bermanfaat untuk petani muda mengembangkan bisnis dan bersaing di kancah global.

(litbangbappeda)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment