Post

Laporan Akhir Kajian Strategi Percepatan Penurunan AKI Angka Kematian Ibu dan AKB Angka Kematian Bayi di Kabupaten Tulungagung

10 Oktober 2022

Laporan Akhir Kajian Strategi Percepatan Penurunan AKI Angka Kematian Ibu dan AKB Angka Kematian Bayi di Kabupaten Tulungagung

Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Perencanaan Pembangunan (Litbang dan PP) BAPPEDA melaksanakan rapat draft pembahasan laporan akhir Kajian tentang Strategi Percepatan Penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Tulungagung. Laporan pembahasan kajian ini dilaporkan oleh Manajemen Pengembangan (BKMP) Universitas Airlangga kepada pemda Kabupaten Tulungagung. Bapak Ridwan, S.S., M.Si selaku Kabid. Litbang dan PP membuka acara FGD ini dengan harapan bisa menjadi bahan masukkan informasi serta data tentang AKI dan AKB di Kabupaten Tulungagung sehingga kedepan bisa menjadi kebijakan yang komprehensif. FGD ini diikuti oleh Dinas Kesehatan, Bidan dan PMB wilayah kerja Puskesma Tanggunggunung, Puskesmas Tunggangri, Puskesmas Boyolangu, Puskesmas Bandung, Puskesmas Kauman, Puskesmas Besuki, Puskesmas Sumbergempol, dan Puskesmas Banjarejo.

Penyampaian laporan dilakukan oleh Dr. Ratna Dwi Wulandari dan Dr. Wahyu selaku Tenaga ahli kesehatan masyarakat. Dr Ratna menyampaikan hasil penelitian yang dilakukan Penyebab kematian ibu yang menonjol adalah pendarahan, infeksi dan eklamsia sedangkan kematian bayi bervariasi. Sebagian besar ibu dan anak yang meninggal berada di rumah sakit. Masih belum adanya dukungan dari tetangga yang peka terhadap lingkungan sekitar khususnya ibu hamil dan perwatan bayi. Suami  menjadi factor utama dalam pengambilan keputusan dalam masa mealhirkan. Selain itu Dr. Wahyu juga meyampaikan bahwa beberapa analisis factor yang berpengaruh terhadap kematian ibu dan bayi yaitu Faktor ANC, Rujukan, Kepatuhan nakes terhadap SOP pelayanan, pemanfaatan hasil AMP, Faktor Ibu, dan Faktor Masyarakat. Adapun beberapa masukan dari OPD terkait menjadi salah satu yang berarti untuk menambah strategi yang tepat dalam penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Tulungagung.

Dengan berakhirnya penelitian Kajian tentang Strategi Percepatan Penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Tulungagung diharapkan dapat menjadi masukan bagi OPD terkait untuk bisa melakukan program baik strategi jangka panjang, menengah dan pendek. (litbangBAPPEDA)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment