Post

TULUNGAGUNG MENGIKUTI LOMBA INOVASI DAERAH PENYIAPAN DAN RENCANA TATANAN NORMAL BARU PRODUKTIF DAN AMAN COVID – 19

05 Juni 2020

TULUNGAGUNG MENGIKUTI LOMBA INOVASI DAERAH PENYIAPAN DAN RENCANA TATANAN NORMAL BARU PRODUKTIF DAN AMAN COVID – 19

Foto Bapak Bupati Melakukan Shoting di Pantai Gemah

Berdasarkan Surat Mendagri Nomor : 440/3300/SJ tanggal : 29 Mei 2020 Perihal Lomba Video Inovasi Daerah Dalam  Penyiapan dan Rencana Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19, serta hasil telekonference antara Mendagri dengan Gubernur/Bupati/Walikota se Indonesia yg dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Mei 2020, disampaikan bahwa Kementerian Dalam Negeri akan melaksanakan kegiatan lomba inovasi dalam bentuk video terkait dengan protap penyiapan rencana tatanan normal baru produktif dan aman covid 19, yang diikuti oleh Provinsi, Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia.

Tujuan Lomba Video Inovasi Daerah Dalam  Penyiapan dan Rencana Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 adalah untuk mendorong gerakan nasional untuk membuat dan melaksanakan protokol Covid-19 dari, oleh dan untuk daerah, membuat kehidupan masyarakat yang produktif kembali, membuat kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis, sebagai prakondisi dalam membuat simulasi secara masif oleh pemerintah provinsi, kabupaten/kota, menyusun langkah conditioning di lapangan yang belum dilakukan oleh pemangku kepentingan, mendapatkan model Protokol Covid-19 pada 7 sektor, Pencegahan penyebaran Covid-19 melalui protokol kesehatan yang dibuat oleh masing masing pemerintah daerah. 7 (tujuh) sektor yang dimaksud antara lain pasar tradisional, pasar moderen, restoran, hotel, PTSP, tempat wisata dan transportasi umum.

Dalam mendukung kelancaran pelaksanaan pembuatan video inovasi, telah dibentuk Tim kreatif dengan Bappeda (sebagai koordinator), dan anggota tim terdiri dari : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Penanaman Modal PTSP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, Bagian Perekonomian dan Bagian Organisasi.

Mulai hari selasa, 2 Juni 2020 telah dilaksanakan proses shoting, dan hari ini telah dilaksanakan shoting di tempat wisata yaitu Gunung Api Purba Gunung Budeg dan Pantai  Gemah. Ada yang spesial pada shoting hari ini, karena dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM. Bahkan beliau terlibat langsung dalam proses shoting. Memang salah satu  point penting dalam penilaian lomba ini adalah keterlibatan Kepala Daerah. Tulungagung akan mengirimkan 7 video sesuai dengan sektor yang telah ditetapkan oleh panitia. “Sesuai petunjuk teknis pelaksanaan lomba, pelaksanaan pengiriman video dimulai tanggal 2 Juni dan ditutup tanggal 8 Juni 2020, praktis kami hanya mempunyai waktu yang sangat singkat untuk membuat video ini. Namun kami optimis bahwa video akan selesai sebelum tanggal 8 Juni 2020” kata Ir. Sutrisno, MM. Plt, Kepala Bappeda Tulungagung selaku koordinator tim kreatif. Mohon doa restunya semoga video yang kita buat mendapatkan nominasi juara, karena selain akan mendapatkan penghargaan, pemenang lomba juga akan mendapatkan hadiah Dana Insentif Daerah (DID), namun yang lebih penting dari itu semua, mari kita besama bersiap diri untuk menghadapi “New Normal Life”,  hidup produktif berdampingan dengan virus covid 19, dengan selalu mentaati protokol kesehatan yang ada dan selalu berdoa semoga wabah korona segera sirna. (Litbang-Bappeda Tulungagung).


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment