Post

TULUNGAGUNG MENGIKUTI AJANG PENGANUGERAHAN INOTEK AWARD 2021 PROVINSI JAWA TIMUR

21 April 2021

TULUNGAGUNG MENGIKUTI AJANG PENGANUGERAHAN INOTEK AWARD 2021 PROVINSI JAWA TIMUR

Sosialisasi Inotek Award Tahun 2021 Provinsi Jawa Timur yang Dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Tulungagung

Bertempat di ruang Rapat Bappeda Kabupaten Tulungagung, beberapa waktu lalu dilaksanakan kegiatan sosialisasi penganugerahan Inotek Award 2021 yang dilaksanakan oleh Balitbang Provinsi Jawa Timur. Sosialisasi ini dipimpin oleh Kasubid Litbang Bappeda dan didampingi oleh beberapa staf yang mengikuti sosialisasi Inotek Award di Surabaya. Hadir dalam sosialisasi ini antara lain dari beberapa Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan perwakilan Asosiasi Penggerak Inovasi Nusantara (APIN) Tulungagung yang mewakili inovasi masyarakat.

Inotek Award merupakan penganugerahan penghargaan bidang inovasi dan teknologi bagi ASN, masyarakat dan Perangkat Daerah yang mengurusi bidang kelitbangan. Maksud dari kegiatan ini adalah memberikan pembinaan kepada daerah Kabupaten/ Kota sebagaimana diamanatkan oleh Perundangan. Sedangkan tujuannya adalah : 1) Memberikan rangsangan kepada daerah Kabupaten/ Kota untuk berinovasi; 2). Menciptakan gairah untuk berkompetisi; 3). Memberikan penghargaan kepada inventor yang telah kreatif dalam menghasilkan inovasi daerah. Tema dari kegiatan ini adalah “Dengan Inovasi Kita Kuatkan Daya Saing Daerah”.

Ada lima kategori yang dilombakan, yaitu :

1. Kategori I, Inovasi Daerah.

Yang dimaksudkan dengan inovasi daerah merupakan inovasi dalam bentuk tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi lainnya yang sesuai dengan urusan yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten/ Kota;

2. Kategori II, Inovasi teknologi berbasis Website/ Mobile Apps.

Merupakan gagasan atau ide baru yang diterapkan untuk memperbaiki suatu produk dan jasa yang dapat diakses melalui internet. Kategori ini diperuntukkan atas nama kelompok atau tim dan masyarakat perorangan.

3. Kategori III, Inovasi teknologi di bidang ekonomi

Merupakan gagasan atau ide baru yang diterapkan untuk memperbaiki tatanan atau aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Inovasi atau inovasi teknologi di bidang ekonomi diluar inovasi teknologi berbasis website/ mobile apps.

4. Kategori IV, Inovasi teknologi non ekonomi

Semua gagasan atau ide baru yang diterapkan untuk memperbaiki tatanan atau aktivitas manusia yang tidak berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Inovasi atau inovasi teknologi di non ekonomi di luar inovasi teknologi berbasis website/ mobile apps.

5. Kategori V, Tambahan. Perangkat Daerah Kabupaten/ Kota penyelenggarakan fungsi kelitbangan dan inovasi yang berkomitmen dan kreatif mengelola inovasi daerah sebagai upaya peningkatan daya saing daerah.

qr_code_inotek_award Materi Inotek Award dapat di scan melalui QR Code ini.

Tindak lanjut dari pelaksanaan sosialisasi ini, tim Bidang Litbang PP Bappeda Tulungagung mengadakan kegiatan monitoring pelaksanaan inovasi ke Perangkat Daerah. Monitoring ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan inovasi berjalan dengan baik dan memberikan dampak bagi masyarakat. “Kami rencanakan di akhir bulan ini, atau awal bulan depan (Mei) akan kami adakan rapat lanjutan, pembahasan draft proposal yang akan diajukan dalam Inotek Award 2021”, kata Kasubid Litbang. (Litbang PP Bappeda)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment