Post

STUDI KOMPARASI BARENLITBANGADA KABUPATEN SEMARANG

30 November 2020

STUDI KOMPARASI BARENLITBANGADA KABUPATEN SEMARANG

Studi Komparasi Barenlitbangda Kabupaten Semarang

Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Tulungagung, hari ini Senin, 30 Nopember 2020, Bappeda Kabupaten Tulungagung menerima kunjungan studi komparasi Barenlitbangda Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah terkait dengan pelaksanaan seminar nasional geopark Tulungagung yang dilaksanakan oleh Bappeda Tulungagung beberapa waktu yang lalu.

 

Rombongan dari Barenlitbangda Kabupaten Semarang dipimpin oleh Pak Aji selaku pejabat fungsional perencana madya. Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan studi komparasi ini adalah, untuk mendapatkan informasi terkait dengan pelaksanaan seminar nasional tematik geopark yang dilaksanakan oleh Bappeda dan sejauh mana target dari pelaksanaan seminar tersebut.

Kabid Litbang PP Bappeda Kabupaten Tulungagung (Ridwan, M.Si), dalam hal ini mewakili Bapak Kepala Bappeda mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas pelaksanaan studi komparasi yang dilaksanakan pada pagi ini. Bapak Ridwan mengatakan bahwa seminar nasional tematik geopark Tulungagung merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil dokumen naskah akademik usulan geopark Kabupaten Tulungagung, yang penyusunannya dilaksanakan di tahun 2020 ini. Kegiatan ini juga sebagai media untuk mempromosikan potensi geoheritage, biodiversity, dan cultural diversity yang dimiliki Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan seminar dilaksanakan secara offline dan online, dengan jumlah peserta kurang lebih 200 orang. Untuk peserta offline sebanyak 100 orang dan peserta online sebanyak 100 orang. Untuk narasumber antara lain Dr. Ir. C. Prasetyadi (Ketua Tim Ahli Geopark UPN Veteran Yogyakarta), Ir. Hanang Samodra, M.Si (Peneliti Ahli Utama PSG Kementerian ESDM dan Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia) dan Ir. Budi Martono, M.Si (GM Gunung Sewu UNESCO Global Geopark dan Ketua Jaringan Geopark Nasional).

Dalam rangka lebih mempromosikan pelaksanaan seminar, dilaksanakan publikasi melalui WEB Bappeda, siaran langsung televisi lokal, koran, media social, dan berbagai media lainnya. Terkait dengan tindak lanjut pasca seminar, disampaikan bahwa saat ini sedang menunggu hasil penilaian naskah akademik usulan geoheritage yang telah dikirim, melakukan penyusunan siteplan usulan kawasan geoheritage yang belum ada siteplannya, membangun infrastruktur secara bertahap di kawasan geoheritage yang diusulkan, menyiapkan masyarakat disekitar kawasan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan usulan geoheritage Kabupaten Tulungagung dapat terverifikasi dalam waktu dekat. (Andri- Kasubid Litbang Bappeda)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment