Post

Sosialisasi Pengaruh Pasar Rakyat terhadap Pertumbuhan Pembangunan Ekonomi Daerah

11 Desember 2018

Sosialisasi Pengaruh Pasar Rakyat terhadap Pertumbuhan Pembangunan Ekonomi Daerah

Pasar tradisional merupakan wadah utama penjualan produk-produk kebutuhan pokok yang dihasilkan oleh para pelaku ekonomi berskala menengah kecil serta mikro. Mereka adalah para petani, nelayan, pengrajin dan industri rakyat yang sangat menyandarkan hidupnya kepada pasar tradisional. Meskipun harus bersaing dengan pasar modern, pasar tradisional masih tetap menjadi salah satu segmen ekonomi yang sangat diandalkan oleh suatu daerah. Bahkan terdapat daerah-daerah tertentu yang dikenal oleh karena keberadaan pasar tradisionalnya

Pemerintah daerah yang masih memiliki masyarakat dengan daya beli yang rendah sangat mengandalkan keberadaan pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Oleh karena itu, keberadaan pasar tradisional menjadi salah satu bagian yang ikut mempengaruhi perputaran roda perekonomian suatu daerah melalui pajak yang bersumber dari retribusi lapak pedagang dan pungutan parkirnya. Pasar tradisional merupakan pondasi perekonomian masyarakat yang layak untuk dipertahankan eksistensinya dan dikembangkan agar tidak hilang semata karena hadirnya pasar modern.


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email