Post

SOSIALISASI PASCA LOMBA INOVASI KEMENTERIAN DALAM NEGERI

07 Juli 2020

SOSIALISASI PASCA LOMBA INOVASI KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Bapak Sekda Beserta Perangkat Daerah Terkait Mengikuti Acara Sosialisasi

Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung (Jumat, 3 Juli 2020), Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, bersama dengan Perangkat Daerah terkait (Bappeda, Dinas Kebudayan dan Pariwisata, Disperindag, DPMPTSP, Dinas Kesehatan, dan beberapa dinas lainnya) mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid 19. Rapat koordinasi ini dilaksanakan melalui aplikasi zoom, yang diikuti oleh Provinsi, Kabupetan dan Kota se Indonesia pemenang lomba video inovasi Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu yang lalu.

Dalam paparannya Plt. Kepala Balitbang Kemendagri Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si mengatakan bahwa pelaksanaan lomba video inovasi menghadapi new normal covid 19 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri telah melalui serangkaian tahapan, mulai dari pembuatan video, penilaian, pengumuman pemenang dan sosialisasi hasil video inovasi. Ada 84 pemenang inovasi dari 4 klater yang berasal dari 34 provinsi, 354 kabupaten, 87 kota dan 23 daerah/ kabupaten tertinggal/ perbatasan. “Ada 2.517 video inovasi yang telah dihasilkan, dan hal ini diharapkan akan digunakan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat khususnya di daerah masing – masing dalam menghadapi new normal covid 19”, katanya. Dalam kesempatan ini ditekankan bahwa lomba ini merupakan lomba inovasi dalam rangka tatanan normal baru yang diharapkan adanya gerakan dari bawah untuk mendukung adanya produktifitas dimasyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pemenang lomba ini akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dengan total anggaran 168 Milyar. Untuk Kabupaten Tulungagung akan mendapatkan DID sebesar 1 Milyar, karena berhasil menjadi pemenang ke 3 sektor Pasar Modern (Mall). DID nantinya akan di transfer ke rekening Pemerintah Daerah, dan diharapkan digunakan penanganan covid 19, namun secara resmi terkait dengan penggunaan DID ini akan ada petunjuk teknis nya. Saat ini Dana Insentif Daerah ini dalam proses pengajuan ke Kementerian Keuangan dan diharapkan dalam waktu dekat dapat segera di transfer ke daerah sehingga dapat segera dimanfaatkan sesuai dengan juknis.

Sebagai tindak lanjut pasca lomba ini, diharapkan kepada Pemerintah Daerah untuk mempublikasikan secara masif hasil video lomba inovasi. Publikasi dapat menggandeng media massa, serta melalui media sosial yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Dengan adanya publikasi yang masif, diharapkan masyarakat semakin berdisiplin dan sadar untuk menjalankan protokol pencegahan covid 19. (Litbang Bappeda Tulungagung).


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment