Post

“Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan”

13 September 2017

Menindaklanjuti pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyusunan dokumen RPJM Desa, RKP Desa serta APBDes pada Tahun 2017, dilakukan koordinasi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dimaksud. Difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Tulungagung, pertemuan tersebut dihadiri oleh Kasi Pemerintahan dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat 19 Kecamatan di Kabupaten Tulungagung dan Dinas Terkait.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) sebagai wujud dari pengelolaan keuangan Desa dibahas dan disepakati oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat Desa yang ditetapkan tiap tahun dengan Peraturan Desa. APBDesa disusun sesuai kebutuhan dan kewenangan Desa berdasarkan atas transparan, akuntabel, partisipatif, serta tertib dan disiplin anggaran.

Bedasarkan ketentuan, Pemerintah Kabupaten perlu mengeluarkan Panduan Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa dan Rancangan Peraturan Desa Perubahan Atas APBDesa sebagai Acuan Camat melakukan evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan Atas APBDesa.

Pembentukan Tim Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tersebut dibuat dengan keputusan Camat, anggota Tim Evaluasi dimaksud adalah pejabat atau staf yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya tentang Peraturan Desa, Tim tersebut di bentuk secara umum untuk mengevaluasi semua Rancangan Peraturan Desa yang sudah didelegasikan ke Pemerintah Kecamatan.

Sasaran pelaksanaan evaluasi tersebut, yaitu untuk memperoleh data informasi yang akan menjadi dasar untuk memberikan penilaian kepada Desa dalam kaitannya dengan kepatuhan penyusunan dan penetapan Rancangan Peraturan Desa tentang tentang APBDesa dan Rancangan Perubahan Atas APBDesa; dan diperoleh data dan informasi yang akan menjadi dasar untuk memberikan penilaian kepada Desa dalam kaitannya dengan substansi dan materi Rancangan Peraturan Desa tentang tentang APBDesa dan Rancangan Perubahan Atas APBDesa.

 



Tags:

Comment (0)

Leave a Comment