Post

SEMINAR HASIL PENELITIAN BAPPEDA TULUNGAGUNG TAHUN 2020

10 Desember 2020

SEMINAR HASIL PENELITIAN BAPPEDA TULUNGAGUNG TAHUN 2020

Presentasi Dr. rer nat Arief tentang Studi Kelayakan Pengembangan Air Minum IKK Besuki dan sekitarnya

Dalam rangka mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di tahun 2020, Selasa 8 Desember 2020 bertempat di Hotel Crown Victoria Tulungagung, Bappeda Kabupaten Tulungagung melalui Bidang Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Pembangunan mengadakan kegiatan seminar hasil penelitian. Seminar ini dibuka oleh Bapak Ir. Sutrisno, MM, selaku Sekretaris Bappeda Kabupaten Tulungagung. Dalam sambutan Kepala Bappeda, yang disampaikan oleh Bapak Sekretaris Bappeda, mengatakan sangat mengapresiasi hasil dari beberapa penelitian yang dilaksanakan oleh Bappeda dan hari ini diseminarkan. Dari hasil penelitian ini, ternyata dapat kita ketahui bahwa potensi kita sungguh luar biasa. Beberapa pantai kita juga telah mampu menjadi ikon wisata kawasan PANSELA, yang tentunya merupakan dampak dari pembangunan infrastruktur jalan yang terus dikerjakan. Dalam rangka lebih meningkatan pengembangan potensi wisata pantai, Pemerintah Kabupaten Tulungagung pada tahun 2020 ini telah menyusun kajian Rencana Pengembangan Kawasan Wisata Pantai di Wilayah Desa Besuki Kecamatan Besuki. Hal ini sejalan dengan prioritas misi Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang tertuang dalam  RPJMD 2019 – 2023, dimana sektor pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas untuk ditangani, karena mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Penyediaan air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar dan hak sosial ekonomi masyarakat, dimana ketersediaan air minum yang memadai merupakan salah satu penentu peningkatan kesejahteraan, produktifitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dalam upaya peningkatan pelayanan pelayanan air minum yang terus meningkat, khususnya di wilayah selatan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga telah menyusun Studi Kelayakan Rencana Pelayanan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (IKK) Besuki dan Sekitarnya, yang saat ini kita seminarkan.

Maksud dari penyusunan studi kelayakan ini adalah untuk menghasilkan dokumen studi kelayakan dalam perencanaan pelayanan air minum di Ibu Kota Kecamatan (IKK) Besuki dan sekitarnya sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam upaya pengembangan pelayanan air minum di IKK Besuki dan sekitarnya, dimana saat ini dan kedepan diprediksikan kawasan ini menjadi kawasan pertumbuhan pariwisata yang membutuhkan ketersediaan layanan air minum.

Bapak Ridwan, S.S, M.Si selaku Kepala Bidang Litbang PP mengatakan bahwa, acara seminar ini diikuti oleh kurang lebih 75 orang peserta, yang berasal dari Perangkat Daerah dan Kecamatan se Kabupaten Tulungagung, serta berbagai steakholder terkait. Narasumber seminar sebanyak 2 orang dengan 2 materi yang berbeda, yaitu Kajian rencana pengembangan wisata pantai di wilayah Desa Besuki oleh Muhammad Azamuddin Tiffany, S.Ars. dan Studi kelayakan rencana pengembangan pelayanan air minum Ibu Kota Kecamatan (IKK) Besuki dan sekitarnya oleh Dr. rer.nat Arief Rachmansyah. (Andri-Kasubid Litbang Bappeda)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment