Post

PENGHARGAAN KABUPATEN SANGAT INOVATIF DARI KEMENTERIAN DALAM NEGERI

29 Desember 2020

PENGHARGAAN KABUPATEN SANGAT INOVATIF DARI KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Menerima Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif IGA 2020 dari Kementerian Dalam Negeri

Pada hari Jumat tanggal 18 Desember 2020, bertempat di Hotel The Sultan Jakarta, Bapak Bupati Tulungagung melalui Bapak Sekretaris Daerah Drs. Sukaji, M.Si, merima penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 diberikan kepada sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) yang dinilai terinovatif dan sangat inovatif di Indonesia. Penyelenggara penilaian dan penghargaan inovasi daerah tersebut adalah Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan – Kementerian Dalam Negeri.

 

Kegiatan tahun ini merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara – cara inovatif.

Kegiatan IGA diselenggarakan untuk menjalankan ketentuan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, serta Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 yang berkaitan dengan Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/ atau Insentif inovasi Daerah. Dalam ketentuan dijelaskan bahwa Pemerintah Daerah harus melakukan inovasi daerah dalam penyelenggaraan pemerintah daerahnya. Kemudian, Pemerintah Pusat akan melakukan penilaian dan penghargaan terhadap inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Daerah.

 

Penghargaan untuk tahun 2020 ini, merupakan kesinambungan dari penghargaan serupa pada tahun – tahun sebelumnya. IGA sudah berlangsung sejak tahun 2007, dan dari waktu ke waktu, proses/ metode penilaiannya, selalu ditingkatkan standarnya.

Untuk penilaian IGA tahun ini, Kabupaten Tulungagung telah berhasil mendapatkan nilai 1.012, dimana untuk penilaian tahun lalu mandapatkan nilai 560, sehingga terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Dengan nilai ini, Kabupaten Tulungagung masuk dalam kategori Kabupaten Sangat Inovatif, sehingga mendapatkan penghargaan dari Bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Pemberian penghargaan dilaksanakan di Hotel The Sultan Jakarta, dan diterima langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung bersama 195 daerah se Indonesia, yang terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota. Untuk penilaian IGA tahun ini, ada 484 daerah (pemerintah provinsi, kabupaten dan kota) yang telah mengikuti penilaian IGA dengan 14.897 inovasi. (Andri_Subbid Litbang)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment