Post

MONITORING PELAKSAANAAN KKN 2019 DI TULUNGAGUNG

21 Agustus 2019

Dalam upaya mengetahui perkembangan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilaksanakan di beberapa wilayah di Kabupaten Tulungagung, staf Bidang Penelitian Pengembangan APP Bappeda Kabupaten Tulungagung mengadakan kegiatan monitoring pelaksanaan KKN 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hasil pelaksanaan KKN serta kendala apa saja yang dihadapi sehingga dapat segera diatasi sekiranya membutuhkan penanganan koordinasi.

 

Pada periode ini, ada beberapa universitas yang melaksanakan kegiatan KKN Tematik di Tulungagung, antara lain Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, UNISKA Kediri, Universitas Muhamadiyah Malang, dan beberapa universitas lainnya. Malah untuk kegiatan KKN Tematik UNAIR merupakan kegiatan KKN Tematik Internasional (International Community Service), karena melibatkan mahasiswa asing dari Universitas di Malaysia (MSU dan UiTM) dan Asia University Taiwan. Kegiatan ini merupakan kegiatan ke 2 setelah yang pertama kali dilaksanakan di Bulan Pebruari 2019 bertempat di Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dan diikuti lebih dari 50 orang mahasiswa. Banyak kegiatan yang dilaksanakan, antara lain pelatihan pembuatan Web, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, dan pergelaran “Sine Beach Festival”.

 

Sedangkan untuk kegiatan KKN Tematik UGM, dilaksanakan di Desa Besole Kecamatan Besuki. Sebanyak kurang lebih 36 mahasiswa mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) lingkungan, pembuatan papan informasi di obyek wisata Pantai Sidem, penyuluhan dan sosialisasi, serta penyelenggaraan festival layang – layang. Untuk kegiatan KKN UGM dilaksanakan kurang lebih 2 bulan. “Khusus untuk kegiatan KKN UGM ini, Pemerintah Daerah melalui Bappeda diharuskan menginput usulan lokasi sasaran melalui portal resmi KKN UGM, dari hasil input data usulan lokasi, selanjutnya mahasiswa yang akan berencana mengadakan KKN memilih lokasi sasaran yang sudah ada di aplikasi tersebut”, kata Kabid Litbang APP. “Saat ini kami juga lagi melakukan entry usulan lokasi KKN UGM untuk tahun 2020”, katanya.

 

Selain KKN diatas, juga dilaksanakan KKN Tematik Universitas Kadiri (UNISKA) Kediri. Kegiatan ini dilaksanakan di kurang lebih 5 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Tulungagung. Dengan diikuti lebih dari 800 mahasiswa. Banyak inovasi – inovasi dan kegiatan – kegiatan positif yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini.

Dari hasil monitoring yang dilakukan, pada prinsipnya masyarakat sangat mendukung dan merasa terbantu atas pelaksanaan KKN ini, dan mengharap beraakan kegiatan ini terus berlanjut dimasa yang akan datang dengan program kegiatan yang semakin bermanfaat. (andri-Subid Litbang)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email