Post

BAPPEDA TULUNGAGUNG MELAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI IID DAN IGA 2021

15 Juni 2021

BAPPEDA TULUNGAGUNG MELAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI IID DAN IGA 2021

Sosialisasi IGA Tahun 2021

Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Tulungagung, Selasa, 15 Juni 2021 dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi Indeks Inovasi Daerah (IID) dan penghargaan Innovative Government Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri Tahun 2021. Rapat koordinasi dipimpin oleh Bapak Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Pembangunan Bappeda Kabupaten Tulungagung, Ridwan, SS, M.Si dan didampingi oleh Kepala Sub Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Tulungagung, Andri Syambudi, S.Sos, M.Si. Rapat dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Perangkat Daerah se Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutannya, Kabid Litbang PP Bappeda mengatakan bahwa, rapat koordinasi dan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka meningdaklajuti Surat Bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 002.6/3363/SJ Tanggal 8 Juni 2021 Tentang Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021. “Maksud dari rapat ini adalah untuk mensosialisasikan pelaksanaan IGA dan IID dan untuk mengkoordinasikan penyiapan data inovasi Perangkat Daerah yang akan dilaporkan dalam sistem IGA Kemendagri”, kata Pak Ridwan. Setiap tahun Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri mengadakan kegiatan penilaian Indeks Inovasi Daerah dan IGA. Tahun 2019, IID Kabupaten Tulungagung sebesar 560 dan masuk dalam kategori Kabupaten Inovatif dan pada tahun 2020, IID Kabupaten Tulungagung sebesar 1.012 sehingga masuk dalam kategori Kabupaten Tulungagung Sangat Inovatif.

Pada kesempatan ini pula, dipaparkan tentang sistem aplikasi IGA yang baru, serta pedoman umum penilaian inovasi daerah dan IGA tahun 2021, sehingga diharapkan Perangkat Daerah dapat memahami dan mempersiapkan data inovasi 2 tahun terakhir (2019-2020). Dalam rangka mempermudah Perangkat Daerah dalam menyiapkan data sesuai dengan ketentuan yang ada dalam sistem IGA, Bappeda Kabupaten Tulungagung akan menyiapkan kuesioner data inovasi sesuai dengan sistem IGA, diharapkan nantinya Perangkat Daerah tinggal melakukan centang dan menyiapkan data dukungnya. Hasil rapat juga menyepakati, data inovasi Perangkat Daerah dikirim ke Bappeda Kabupaten Tulungagung paling lambat hari Senin, tanggal 26 Juli 2021. Selanjutnya Bappeda akan melakukan entry data inovasi ke sistem IGA dan diharapkan sebelum tanggal 13 Agustus 2021 proses entry sudah selesai. (Bidang Litbang PP Bappeda Tulungagung)


Tags :


Bagikan : Facebook Twitter Telegram Whatsapp Email

Comment (0)

Leave a Comment